Dinas Penataan Ruang Makassar Komitmen Percepat Penerbitan PBG Stadion Sudiang

MAKASSAR – Senin, 19 Agustus 2024. Kepala Dinas Penataan Ruang Makassar, Fahyuddin Yusuf menghadiri rapat koordinasi bersama Pemprov Sulsel, di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel.

Rapat ini membahas terkait dengan rencana pembangunan Stadion Sudiang. Fahyuddin menyampaikan komitmennya untuk mempercepat proses penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

“Kami akan mempercepat penerbitan PBG, jika bangunan stadion sudah memenuhi standar teknis, dan selaras dengan kondisi lingkungan,” tuturnya.

Menurutnya, penerbitan PBG dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Rapat ini diketahui dipimpin oleh Sekretaris Provinsi Sulsel, Jufri Rahman. Juga dihadiri Kepala Dispora Sulsel, Suherman.

Dengan dukungan dari Pemkot Makassar, rencana pembangunan stadion bertaraf internasional itu, diharap dapat berjalan lancar dan sesuai jadwalnya.

Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh pernah menyampaikan rencana  groundbreaking pembangunan Stadion Sudiang, kepada Presiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi memberikan dukungan penuh terhadap proyek strategis ini, yang juga mencakup pembangunan Rumah Sakit Vertikal di Makassar.

Stadion Sudiang akan dibangun di atas lahan seluas 74 hektar, dengan kapasitas sekitar 30.000 penonton.

Pembangunan ini akan didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sementara biaya infrastruktur jalan sekitar Rp200 miliar akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Makassar, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here