Dokumen Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang jadi Acuan Makassar sebagai Kota Dunia “Sombere and Smart City”

MAKASSAR – Dinas Penataan Ruang Makassar merampungkan seminar akhir penyusunan dokumen rencana tindak pengendalian dan pemanfaatan ruang. Seminar ini melibatkan pihak konsultan dari CV Afinra Konsulindo.

Seminar ini menghasilkan dokumen dan peta tata ruang, yang nantinya akan menjadi acuan untuk pengembangan Kota Makassar sebagai kota dunia yang Sombere and Smart City.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemanfaatan Ruang, Irmayanti dalam keterangannya.

“Dengan adanya seminar ini, diharapkan akan lahir dokumen yang memberikan kerangka kerja komprehensif, untuk pengelolaan ruang di Makassar,” ujarnya.

Salah satu tujuan utama penyusunan dokumen ini, adalah untuk memastikan bahwa pemanfaatan ruang di Makassar berjalan sesuai rencana, dan mendukung pengembangan kota sebagai kota modern, yang tetap berpegang pada prinsip-prinsip keberlanjutan dan keamanan ruang.

Pihak dari CV Afinra Konsulindo menjelaskan, evaluasi yang dilakukan selama seminar memang berfokus pada pengelolaan lahan dan ruang yang sesuai dengan RTRW Kota Makassar.

Langkah-langkah pengendalian ruang ini juga menjadi penting, dalam mendukung kota yang cerdas dan ramah masyarakat.

Dengan adanya dokumen akhir yang dihasilkan dari seminar ini, diharapkan perencanaan tata ruang di Makassar dapat semakin baik, dan sesuai dengan visi pengembangan kota yang tertib, teratur, dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here