Dalam Sepekan, Camat Mariso Terjunkan Satgas Drainase Dua Kali Bersihkan Kanal Rajawali

MAKASSAR – Dalam sepekan, Camat Mariso, Juliaman menerjunkan Satgas Drainase melakukan pembersihan kanal di Jalan Rajawali Raya, Kelurahan Panambungan, sebanyak dua kali.

Pertama, pada Rabu 03 Mei 2023. Kemudian berlanjut pada Jumat 05 Mei 2023.  Camat Mariso kembali mengintruksikan Satgas Drainase untuk kembali membersihkan di kanal yang sama.

Menurut Juliaman, kegiatan ini rutin dilaksanakan pihaknya. Juga termasuk kanal di Jalan Bunga Eja, Kelurahan Mattoanging.

“Pelaksanaannya rutin di dua kanal. Di jalan Bunga Eja dan jalan Rajawali,” ucapnya, Senin 08 Mei 2023.

Pembersihan kanal dilakukan, lanjutnya, karena kondisi kanal sudah banyak ditumbuhi tanaman liar dan ranting pepohonan yang menghambat aliran air. Ditambah lagi, adanya sampah plastik.

Kondisi ini membuat kanal tidak berfungsi secara maksimal.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk mengembalikan fungsi kanal/ saluran drainase sebagai tempat aliran air dari beberapa pemukiman,” jelasnya.

“Bersih-bersih kanal rutin dilaksanakan setiap minggu, dan pembersihannya dilaksanakan berdasarkan lancar atau tidaknya aliran air yang ada,” sambugnya.

Tidak sampai di sini saja, Juliaman juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga fungsi kanal. Paling tidak, agar tidak membuang sampah ke dalam kanal.

“Hal ini juga diharap bisa mengendalikan erosi tanah. Serta kerusakan pada jaanan dan bangunan yang ada di sekitar,” imbaunya mengunci. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here