Pemkot Makassar Perkuat SOP SP4N Lapor Lewat Workshop bersama USAID IUWAS Tangguh

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan USAID IUWASH Tangguh menggelar workshop pengembangan Standar Operasional Presedur (SOP) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor).

Workshop Sosial Inkluasi dan Publik Akuntabilitas (SIPA) ini berlangsung selama dua hari, sejak Selasa 23 Mei hingga Rabu 24 Mei 2023 di Hotel Ibis Makassar.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman secara resmi membuka workshop tersebut, tadi.

Bagi Helmy, konsep SP4N Lapor ini merupakan platform yang memudahkan masyarakat untuk mengadu ke pemerintah secara online.

Platform ini juga bakal terintegrasikan dengan layanan air minum, sanitasi dan hygiene. Biar lebih efektif.

Dengan begitu, workshop kali ini bekerjasama dengan USAI IUWASH Tangguh.

“Hadirnya sistem ini diharapkan menjadi solusi utamanya ketika masyarakat tidak tahu harus melapor ke mana, tidak yakin laporannya akan ditindaklanjuti, rasa ragu dan takut akan konsekuensi melapor, serta kekhawatiran tidak tuntasnya tindak lanjut atas laporan yang diberikan,” kata Helmy.

Di kesempatan ini, perwakilan USAID IUWASH Tangguh, Rio Sandi memaparkan hasil assesmentnya. Yang hasilnya bakal direkomendasikan ke beberapa pihak terkait. Baik itu ke organisasi perangkat daerah mau pun BUMD.

Misalnya terkait dengan air minum dan sumber daya air. Sasarannya ke Perumda Air Minum Makassar.

Kemudian menyangkut Air Limbah Domestik, sasarannya ke Dinas PU dan juga Perumda Air Minum Makassar.

Serta soal kegiatan promosi dan edukasi aplikasi SP4N Lapor. Penekananya ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kepala Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Makassar, Isnaniah Nurdin menyatakan, pihaknya sudah membentuk admin kota utama dan admin penghubung dalam menerapkan SP4N Lapor di Makassar.

“Admin utama SP4N Lapor Kota Makassar dikelola oleh Dinas Kominfo Makassar, serta admin penghubung dikelola oleh perangkat daerah lingkup pemerintah kota Makassar yang saat ini telah terbentuk di 62 OPD,” paparnya.

Innang-sapaannya bilang, admin tersebut bertugas menerima dan mengelola aduan masyarakat melalui SP4N Lapor untuk ditindaklanjuti.

Saat ini, Dinas Kominfo Makassar mencatat sebanyak 81 laporan yang diterima melalui SP4N Lapor, periode Januari-Mei 2023.

“Laporan yang kami terima beragam, umumnya terkait infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Seluruh laporan kami tindaklanjuti dengan meneruskan ke perangkat daerah terkait,” kunci Innang menjelaskan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here