Bersih-Bersih Pantai Jelang MNEK, Danny Pomanto-Danlantamal VI Naik Speedboat Sisir Laut Losari

MAKASSAR – Rabu, 31 Mei 2023. Lantamal VI bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan aksi bersih-bersih di area Anjungan Pantai Losari. Aksi ini dilakukan menjelang pelaksanaan event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

MNEK rencananya bakal digelar pada Senin 5 Juni hingga Kamis 8 Juni 2023 mendatang. Pesertanya merupakan perwakilan angkatan laut dari 30-an lebih negara sahabat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto turun langsung melakukan aksi bersih-bersih tersebut bersama Danlantamal VI Makassar, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Kasman.

Keduanya menumpangi speedboat menyisir laut Losari untuk memastikan tidak ada lagi sampah yang berserakan.

Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar juga telah memerintahkan seluruh camat untuk menurunkan Satgas Kebersihan di kawasan Anjungan Pantai Losari. Memastikan kebersihan lingkungan di sana terjaga.

“Kita punya banyak tamu, makanya tadi kita turun bersama-sama menyisir laut meninjau sampah-sampah yang ada di sana,” ucap Danny Pomanto.

Baginya, sebagai tuan rumah penyelenggara MNEK, Makassar harus bersih. Danny Pomanto tidak ingin Pantai Losari dipenuhi banyak sampah. Apalagi rangkaian acara pelaksanaan MNEK juga berada di anjungan.

Meski diakuinya, kebersihan laut bukan menjadi tanggung jawab pemerintah kota. Tapi otoritas pemerintah pusat.

“Tetap kita bersihkan laut, karena kita tuan rumah. Nanti kita saling bantu, ada angkatan laut mau bantu, angkatan udara mau bantu,” ucapnya.

“Kita tidak bisa saling berharap, banyak tamu-tamu dari luar yang datang. Lebih dari 33 negara,” tambah Danny Pomanto.

Danny Pomanto optimistis pelaksanaan MNEK Makassar bisa berjalan lancar. Kesiapan kegiatan sudah hampir 100 persen.

Presiden RI, Joko Widodo diagendakan bakal hadir nantinya. Namun, panitia pelaksana MNEK dari TNI Angkatan Laut masih menunggu kepastian kehadiran Jokowi..

“Kita tunggu, jadi kalau pak presiden datang kita harus lebih siap lagi. Tapi itu kan pihak TNI AL yang tahu soal jadwal kedatangan beliau,” tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here