Jokowi Pimpin Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah, Wakil Wali Kota Makassar: Siap Jalankan Arahan

MAKASSAR – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah tahun 2023 via virtual di kediamannya, Rabu 14 Juni 2023.

Rapat ini, dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andi Muh Yasir dan Kepala Inspektorat Kota Makassar, Andi Asma Zulistia Ekayanti.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan situasi dunia saat ini yang sedang sulit. Bahkan di Eropa, secara teknikal telah masuk ke masa resesi.

Dengan begitu, Jokowi mengharapkan kepada seluruh pemerintah daerah untuk lebih produktif membelanjakan APBD-nya. Termasuk APBN oleh pemerintah pusat.

“Untuk wujudkan Indonesia Emas tidaklah mudah. Butuh peran pengawasan. Pastikan bahwa segala program yang telah diprogramkan sampai ke rakyat,” tegas Jokowi.

Tidak hanya kepala daerah, rapat ini juga dihadiri jajaran menteri dan kepala lembaga pemerintahan lainnya.

Usai rapat, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi bilang, jika Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah melakukan pendampingan kepada seluruh organisasi perangkat daerah dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Begitu pun dengan penggunaan anggaran, diawasi langsung oleh Inspektorat. Hal ini diharap sejalan dengan perintah Presiden RI.

“Makassar tentunya siap untuk melaksanakan segala arahan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, guna pengoptimalan penggunaan anggaran,” kata Fatmawati.

Senada yang dikatakan Kepala Inspektorat Makassar, Andi Asma Zulistia Ekayanti. Sejauh ini, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sudah bekerja sejak awal tahun.

“APIP melakukan pendampingan, pengawasan sejak awal, memastikan program kepala daerah akan mendapatkan hasil sebagaimana diharapkan. Hal tersebut dilihat pada RPJMD yang diturunkan menjadi Renstra kepada OPD. Pengawalan di awal bukan di akhir, sehingga hal-hal yang berindikasi penyimpangan, pengabaian, kelalaian dapat dicegah diawal,” terangnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here