Danny Pomanto, Menpora dan Bima Arya jadi Pembicara di Youth City Changers Rakernas Apeksi

MAKASSAR – Senin besok, 10 Juli 2023. Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XVI di Makassar, terselenggara.

Forum Youth City Changers (YCC) sebagai kegiatan pembuka, di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros. Pertemuan para generasi muda ini, berlangsung selama dua hari, hingga Selasa, 11 Juli.

Jumlah pesertanya diperkiran 3000-an pemuda dari 98 kota peserta Rakernas Apeksi. Termasuk delegasi pemuda dari Singapura.

Ribuan pemuda tersebut bakal berdiskusi membahas tema “Merebut 2045” bersama beberapa tokoh inspiratif sebagai pembicara.

Di antaranya Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Dito Ariotedjo, dan Ketua Umum Apeksi, Bima Arya.

“Alhamdulillah pak Menpora sudah konfirmasi akan hadir,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Makassar, Andi Patiware, Minggu 09 Juli 2023.

Para pembicara nantinya, akan berbagi pengalaman dan wawasan kepemudaan. Sekaligus memberikan motivasi kepada para peserta forum YCC.

“Nanti masing-masing pembicara kita berikan waktu 15-20 menit membahas tema yang kita angkat,” ucap Andi Patiware.

Bagi Andi Patiware, forum YCC ini sangat penting bagi pemuda, yang juga memiliki peran dalam memajukan kotanya.

Dengan begitu, Youth City Changers dilaksanakan selama dua hari dengan sejumlah rangkaian kegiatan. Masing-masing Social Night and Bonfire, Forum Diskusi, Commission Meeting, dan Inspirational Talkshow.

“Jadi nanti ada juga forum diskusi dan itu tidak hanya diikuti delegasi pemuda Indonesia tapi juga teman-teman pemuda dari Singapura,” jelasnya.

Para peserta pun dibagi menjadi empat komisi. Mereka akan membahas empat tema diskusi, yakni digitalization, future leader, empowerment, dan sustainability. Termasuk isu strategis berkaitan dengan pembangunan kota.

“Mereka nanti akan menyuarakan pandangan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dibahas,” papar Andi Patiware.

Bahkan, lanjutnya, akan ada sesi khusus Youth Bilateral Forum antara Singapura dan Indonesia membahas terkait peningkatan hubungan kerja sama antar pemuda kedua negara sahabat tersebut.

Juga bakal ada Commission Meeting yang hanya melibatkan delegasi pemuda dari 98 kota di Indonesia. Mereka akan melakukan analisis mendalam, mengusulkan kebijakan, dan merumuskan langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan pembangunan yang diinginkan.

“Hasilnya akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas Apeksi XVI di hadapan 98 wali kota se-Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku masih terus mematangkan kesiapan pelaksanaan forum YCC. Mulai dari venue, logistik, air bersih, hingga keamanan.

“Awal dari event seperti Rakernas Apeksi kesan pertama yang sangat menentukan. Event yang pertama adalah Youth City Changers di Tokka, kalau ini sukses maka akan membuat orang antusias sehingga acara ini yang sangat menentukan,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, rangkaian acara Rakernas Apeksi telah diagendakan berlangsung selama lima hari, hingga Jumat, 14 Juli mendatang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here