Hadiri Peringatan Hari Santri, Danny Pomanto Pimpin Upacara: Jaga Martabat Kemanusiaan

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menghadiri peringatan Hari Santi di Anjungan Pantai Losari, Sabtu 22 Oktober 2022.

Danny Pomanto-sapaannya didaulat memimpin upacara.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan sambutan serentak dari Menteri Agama RI. Menurutnya, santri sangat berperan besar dalam menjaga martabat bangsa dan kemanusiaan.

“Santri dalam sejarahnya terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, atas izin dan restu para ulama dan kiyai santri turun ke medan laga melawan penjajah,” tuturnya.

Begitu pun pada fase kemerdekaan dan awal pemerintahan Indonesia. Santri terlibat pada fase tersebut.

“Salah satunya KH Wahid Hasyim putra KH. Hasyim Asyari dan putra mantan presiden KH Abdurrahman Wahid. Dialah salah satu santri yang terlibat dalam pemerintahan di awal kemerdekaan,” sebutnya.

Pasca kemerdekaan, lanjut Danny Pomanto, santri kembali memenuhi panggilan Ibu pertiwi dalam berbagai bidang. Berjuang demi kemashlahatan umat.

“Santri bisa menjadi apa saja dalam ragam profesi. Santri selalu memperhatikan agamanya selalu mengedepankan nilai agamanya dan menjunjung martabat kemanusiaan,” ucapnya.

“Sebagai seorang yang memahami nilai agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi agama, menjaganya sama dengan menjaga Indonesia,” imbuhnya menambahkan.

Sebagai informasi, peringatan Hari Santri 2022 yang digelar secara serentak seluruh Indonesia ini dihadiri Ketua MUI Sulsel, AGH Prof Najamuddin. Juga para kiyai dan alim ulama, pembina pondok pesantren serta santri se Kota Makassar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here