Empat Negara Bahas Industri Maritim dan Infrastruktur Sulawesi di Forum MIF 2022

Delegasi empat negara menjadi narasumber pada forum MIF 2022 di Makassar.

MAKASSAR – Kota Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2022.

Rakernis itu berlangsung selama tiga hari di Four Point By Sheraton Makassar, sejak Senin 07 November hingga Rabu 09 November 2022.

Pemerintah kota turut mengundang delegasi delapan negara pada pertemuan Makassar Investment Forum (MIF), yang merupakan rangkaian acara Rakernis Apeksi 2022. Yakni Jepang, Belanda, Jerman, Korea Selatan, Australia, Singapura, Hongkong dan Inggris.

Mereka tampil secara panel usai Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memberikan sambutan di hadapan 64 kota peserta Rakernis Apeksi.

Seperti delegasi dari Korea Selatan, Jun Hyuk Choi selaku Representatives in SEA Office Busan Port dan Co II Hyung Co, Director Korea Indonesia Research Corp Center.

Juga Mike Neuber Manging, selaku Director German-Indonesian Chamber of Industry and Commerce. Ketiganya membahas terkait peningkatan industri maritim di Sulawesi.

Sedangkan untuk forum percepatan infrastruktur di Sulawesi, tampil sebagai pembicara yakni Bronwyn Robbins, selaku Australian Consul-General in Makassar, dan dari Inggris Kate Covill-CEO Shire Oak. Serta ada juga perwakilan dari Asian Development Bank (ADB).

“Melalui forum ini kami membuka ruang untuk para investor yang ingin datang di kota kami, yang tentunya untuk mewujudkan infrastruktur kota yang baik, serta peningkatan kualitas hidup masyarakat, ekonomi yang baik,” kata Danny Pomanto-sapaan Wali Kota Makassar.

Danny Pomanto juga bilang, MIF 2022 siap memfasilitasi seluruh wali kota se-Indonesia melakukan one on one meeting dengan para investor asing atau delegasi kedelapan negara tersebut.

“Saya kira forum seperti MIF ini sangat menarik untuk dijadikan benchmark atau contoh. Di mana kepala daerah yang memiliki konsep, inovasi dan juga proyek infrastruktur dan kemaritiman dapat berdiskusi langsung dengan perwakilan negara asing dan juga investor potensial,” kuncinya.

MIF 2022 ini, diketahui berlangsung hingga Rabu hari ini, 9 November 2022. Khusus hari kedua akan ada seminar KPBU dan menghadirkan BKPM, Perwakilan BI Sulsel, Dinas PMPTSP Sulsel, dan PT Sarana Multi Infrastruktur sebagai narasumber. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here