Suara Rakyat: Gerindra Pemenang Pilpres, Terkesan “Diatur” Partai Lain di Pilkada Wilayah Timur, Sulsel?

MAKASSAR – Masyarakat memiliki hak berpendapat menilai dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Seperti yang disampaikan Gubernur Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sulsel, Irwan A Paturusi.

Dia menganggap partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tidak memiliki taring di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel. Padahal merupakan partai pemenang Pilpres lalu.

“Saya sebagai pemilih Prabowo itu merasa kecewa. Gerindra sebagai pemenang partai untuk eksekutif terkesan “diatur” oleh partai-partai kecil,” sebut Irwan Paturusi, ditemui di Makassar, Jumat 09 Agustus 2024.

Harusnya, Gerindra mendorong kadernya untuk maju mengikuti kontestasi lima tahunan ini. Bukan malah mengusung figur eksternal.

Bagi Irwan Paturusi, Gerindra mempunyai kader mumpumi, seperti Andi Iwan Darmawan Aras (AIA).

“Harapan kami dengan memilih Prabowo dan Gerindra agar terjadi perubahan, ternyata di pecundangi oleh NasDem,” tuturnya.

“Kenapa untuk Sulsel, Gerindra tidak mendorong kadernya yang cukup mumpuni,” pungkasnya.

Irwan Paturusi kembali mempertegas, harusnya di Pilkada serentak kali ini, Gerindra memperkuat gerakan khususnya di wilayah Indonesia Timur sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dapat kita juga lihat bahwa di daerah seluruh penyangga IKN, itu Gerindra semua hanya mengikuti. Bukan kader yang kadernya yang diambil,” ucapnya.

Dengan begitu, sebagai penyambung aspirasi rakyat, Irwan Paturusi ingin agar elite Gerindra di pusat kembali melakukan evaluasi dan pertimbangan untuk mengusung calon kepala daerah. Khususnya di Sulsel.

“Kalau ini terus terjadi, jangan berharap akan besar. Bukan sebagai pengemudinya. Kelihatannya begitu, padahal Gerindra sekarang ini namanya cukup bagus. Harusnya saat sekarang ini, dengan masih hangat-hangatnya Pilpres, dia (Gerindra) harus masuk,” kata Irwan Paturusi.

Sejauh ini Gerindra memang belum menentukan sikap untuk mengusung calon Gubernur Sulsel.

Berbeda dengan Pilkada Makassar, Gerindra telah mengusung satu kadernya. Yakni Andi Seto Asapa sebagai bakal calon wali kota Makassar.

“Gerindra harus bercermin sama PDI Perjuangan di periode lalu (Pilgub Sulsel), berhasil mendudukan Nurdin Abdullah, padahal suara PDI Perjuangan di Sulsel cukup kecil jika dibandingkan Gerindra,” tutup Irwan Paturusi. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here