Di Rakorsus 2023, Bapenda Makassar Paparkan Konsep Resiliensi PAD Menuju 2 Triliun

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar baru saja melaksanakan rapat koordinasi (Rakorsus) 2023 di Four Point by Sheraton Makassar selama hari. Sejak Selasa hingga Rabu, 14-15 Maret 2023.

Rakorsus tersebut, membahas sejumlah agenda penting dengan tema Makassar Kota Resiliensi dengan Metaverse. Di antaranya mengenai penanganan banjir, permasalahan transportasi, digitalisasi, dan sombere and smart city.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga menyampaikan, jika Rakorsus kali ini juga merupakan momen untuk mengevaluasi pelaksanaan program lorong wisata (Longwis).

Seluruh unsur pimpinan Forkopimda Makassar dan Sulsel hadir dalam forum tersebut. Tidak terkecuali para pejabat di lingkungan Pemkot Makassar beserta jajarannya.

Tidak ketinggalan, beberapa ahli dan motivator juga turut dihadirkan dalam agenda tahunan tersebut. Seperti Prof Yohanes Surya, Prof Hariyadi dan Ary Ginanjar. Ketiganya didaulat membawa materi terkait dengan human Resource for metaverse/global metaverse dan behavior resilence.

Di kesempatan lain, seluruh perangkat daerah diberi waktu untuk memaparkan konsep dalam membangun kota Makassar. Termasuk Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kepala Bapenda Makassar, Firman H Pagarra bilang, ada empat progres yang dilaksanakan pihaknya dalam upaya mendukung tema Rakorsus.

Firman memaparkan materi Resiliensi Pendapatan Menuju PAD Rp2 triliun. Kemudian, Firman menjelaskan empat progres Bapenda Makassar. Pertama, peluncuran aplikasi Pakinta.

Menurutnya, aplikasi Pakinta kini sudah diunduh wajib pajak sebanyak 2.600 orang. Mereka memanfaatkan aplikasi tersebut dalam membayarkan pajaknya, utamanya pajak bumi dan bangunan (PBB).

Selanjutnya, Firman menjelaskan progres kedua. Yakni resiliensi pendapatan metaverse dengan pemutakhiran data digital PBB.

Lalu yang ketiga, tentang masterplan reklame yang diadakan pada tahun 2023. Hal itu bersinggungan dengan kegiatan Smart Panyingkulu (Program Penataan Simpang Jalan Kota).

“Yang ke empat, kami menjelaskan soal penggunaan tapping box berbasis doorprize, yang akan diundi setiap bulannya secara live di medsos atau di videotron,” ujar Firman dalam keterangannya, Rabu 15 Maret 2023.

“Resiliensi pendapatan sendiri sudah tercantum dalam program RPJMD 2021-2026 dan juga visi misi Pemerintah Kota Makassar. Dengan target PAD menuju 2 triliun yang akan berbasis big data dan aplikasi yang mendukung Makassar sebagai Kota Metaverse (Makaverse) menjadikan Makassar Terus Dua Kali Tambah Baik,” tutup mantan Kepala DPM PTSP Makassar itu, menambahkan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here